Menu Close

Pilkada 2020 Serentak Di Tengah Pandemik Covid

Berdasar information Pemprov Banten, 323 orang di Kabupaten Serang masih menjalani perawatan, 790 sembuh dan 35 orang meninggal dunia. Sementara untuk information kontak erat di Tangsel ada di angka 2.255 untuk kasus suspect berada di angka 12.32. Berbeda dengan Pilkada di Sumatra Utara menyisakan sejumlah persoalan sejak digelar pada 9 Desember 2020. Badan Pengawas Pemilihan Umum mencatat sejumlah pelanggaran di beberapa daerah yang menggelar pesta demokrasi.

Sama dengan NasDem, Golkar juga meraup kemenangan di 7 daerah dari 12 daerah penyelenggara pilkada di Sulsel. Meski demikian pengambilan suara dari TPS masih akam panjanh karena sejauh ini KPU Depok baru mendapat information dari 1.317 TPS (32%), di mana total TPS ada 4.015. Di Pilkada Kabupaten Sukabumi, dari penghitungan sementara hingga pukul 09.30 WIB, pasangan Marwan-Iyos masih unggul dengan perolehan forty six,2 persen.

Namun pasien harus memiliki surat pindah memilih atau formulir A5 yang diurus oleh keluarganya ke KPU Medan. Penyidik Sentra Gakkumdu menyepakati kasus tersebut masuk dalam tindak pidana pemilihan, selanjutnya penyidikannya diserahkan ke Bareskrim Polri. Atas perbuatannya, Mulyadi terancam dijerat dengan Pasal 187 Ayat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2020. Bukan sekali, PKD itu juga pernah mendapat ancaman dari timses paslon berbeda.

Jika sebelumnya desakan datang dari Komnas HAM, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ikatan Dokter Indonesia Makassar, hingga mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, kali ini datang dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama . Komisioner KPU RI Ilham Saputra mengatakan, paslon yang positif COVID-19 akan mendapatkan nomor urut sisa paslon negatif COVID-19 yang sudah lebih dulu ditetapkan. Dalam Pasal 57 PKPU Nomor 13 Tahun 2020, KPU juga mengatur tentang kampanye pilkada di tengah pandemik COVID-19. Ada tujuh poin yang diizinkan saat kampanye, di antaranya pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, dan debat terbuka. Data yang masuk ke KPU untuk complete kabupaten dan kota yang sudah melakukan penetapan sebanyak 182 kabupaten kota dari 261 kabupaten kota.

Fans BTS menggila karena Mcd kolaborasi

Fritz juga menyebut Orient bisa dikenakan pasal 164 Undang-undang nomor 10 Tahun 2016. “Calon terpilih tetap bisa dilantik meskipun sedang menjalani Situs Bola Online proses hukum,” ujarnya. Atas peristiwa ini, Fritz mengatakan ada potensi pidana jika terbukti Orient melakukan pemalsuan identitas.

Sedangkan pada periode 9 sampai 15 Oktober 2020, tercatat 25 kali pelanggaran pertemuan terbatas dengan peserta lebih dari 50. Atas dugaan pelanggaran yang berkaitan dengan penyelenggara Pilkada, Bawaslu telah menyampaikan sejumlah surat rekomendasi ke Komisi Pemilihan Umum Karawang. Dengan demikian, kata dia, pemerintah bersama KPU dapat segera mengambil kebijakan yang baik dan efektif untuk mencegah terjadinya masalah dalam pelaksanaan pilkada. Pilkada memiliki sejumlah tantangan utama karena harus berlangsung di tengah pandemik COVID-19.

Viryan menjelaskan, jumlah tersebut sekitar 4-5 persen dari complete bakal calon kepala daerah yang akan ikut Pilkada 2020. Kendati, KPU mengingatkan meski persentase kecil tidak boleh menjadikan kelengahan terhadap bahaya COVID-19, protokol kesehatan harus tetap dilakukan dengan baik. “Setelah tahapan perpanjangan pendaftaran bakal pasangan calon, KPU provinsi, KPU kabupaten kota akan melakukan verifikasi dan pemeriksaan kesehatan terhadap bakal pasangan calon yang telah diterima pendaftarannya,” ujar ilham. Tito berharap, para sekjen parpol dapat menginstruksikan pengurus dan kader partai di daerah, termasuk pasangan calon untuk patuh dengan protokol kesehatan COVID-19. Selain itu, selama sepuluh hari pertama kampanye, Bawaslu juga telah menerima 17 kasus dugaan pelanggaran di media sosial , delapan kasus dugaan politik uang, dan delapan kasus penyalahgunaan fasilitas pemerintah.

Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, kata Afif, Bawaslu akan menggelar patroli pengawasan antipolitik uang selama masa tenang pilkada yakni 6-8 Desember. EK secara terang-terangan mengajak warga di Kecamatan Cangkuang untuk mencoblos Paslon nomor 1. Aksi ajakan itu dilakukannya di atas panggung berbarengan dengan pembagian sembako. Gunawan menuturkan, pemilih yang punya surat keterangan perekaman namun tidak terdaftar di DPT, juga tetap dapat menyalurkan hak pilihnya di TPS. Soal tiadanya pembatasan waktu memilih di TPS, Endang menyebut itu tidak masalah. Dia mengimbau masyarakat yang sudah memiliki hak pilih untuk menyalurkan suaranya.