Menu Close

Gojek Salurkan Donasi Pengguna Untuk Korban Banjir Sebesar Rp1 Miliar

SBCHANNEL.ID, MAMUJU – Komunitas Ojek Online Mamuju turun ke jalan menggalang dana dan bentuk donasi lainnya untuk korban banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Masamba dan Kecamatan Baebunta, Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Di Twitter milik Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon (@fadlizon), meretweet akun salah satu warganet @maspiyuuu yang menampilkan seorang bapak berprofesi sebagai pengemudi ojek on-line yang telah memberikan bukti transter sebesar Rp44.800 ke rekening Galang Perjuangan. Pengunggah thread juga merasa sedih karena smartphone yang digunakan oleh driver ojol itu sempat mati saat digunakan karena kondisinya yang tidak layak.

Donasi sembako merupakan bagian dari 12 program yang digagas Gojek untuk mengantisipasi anjloknya pendapatan mitra pengemudi. Program ini mencakup tiga space utama yakni jaminan kesehatan dan keselamatan, ringankan beban biaya harian, dan bantuan pendapatan mitra. Video aksi protes warga dengan menanam pohon pisang dan menonton TV di jalan rusak seketika menjadi viral di media sosial.

Berdasarkan realitas di lapangan, para pengemudi ojek daring ini tidak mendapatkan gaji dari perusahaan aplikator. Sebaliknya para pengojek harus membagi 10 hingga 20 persen pendapatannya ke perusahaan. Ketidakjelasan hubungan kemitraan antara pengemudi dan perusahaan tidak dapat disebut sebagai ikatan antara pekerja dan pengusaha sesuai UU No.thirteen tahun tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Kalau kita lihat fakta hubungan atau relasi industrial antara perusahaan aplikator transportasi daring ini dengan pengemudi sangat tidak jelas. “Untuk ojol itu sudah boleh narik, kemudian angkot tetap kita minta di enam orang. Intinya pembatasan harus tetap dilakukan karena kita biru, tetapi perekonomian dilonggarkan tidak seperti PSBB,” imbuh Fahmi.

Pak Sri yang sudah sixty eight tahun masih harus bekerja dan tinggal sendiri di dalam rumah. Dari situlah, Echa berniat untuk membantu Pak Sri dengan cara mengumpulkan dana. Arie Kriting sangat yakin korban butuh keberanian luar biasa untuk membuka apa yang dialaminya. Semoga upaya kolektif ini bisa membantu pihak terdampak untuk dapat terus melangkah menghadapi tantangan di masa sulit seperti sekarang,” ujarnya. Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini. Selain bisa dijelaskan dengan pendekatan komodifikasi media, praktik pengistimewaan ojol oleh media ini juga bisa dijelaskan dengan memahami perubahan model bisnis media di period digital hari ini.

Tidak hanya Satpol PP, pihak TNI-Polri pun ikut turun tangan untuk mengatasi kerumunan ini. Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengemukakan pihaknya telah menggandeng TNI dan pemerintah daerah setempat serta Satgas Covid-19 untuk mengantisipasi kerumunan yang terjadi di sejumlah gerai McDonalds. Hari pertama peluncuran BTS Meal sukses membuat heboh lantaran menimbulkan antrian ojol, beberapa gerai ditutup Satpol PP, bahkan McDonalds terpaksa harus membayar denda Rp50 juta. Dua polisi membantu ibu dan bayi yang terjebak kerumunan saat bentrok ojol dengan DC di Sleman, Yogyakarta. Polisi dan Satpol PP beserta TNI langsung memberikan police line di lokasi.

Sementara mengutip akun , donasi yang sudah terhimpun sudah mencapai lebih dari Rp190 juta. Hal itu membuat mereka tersentuh dan akhirnya tergerak untuk memberikan bantuan pada para tenaga medis yang sedang berjuang. Ia mengatakan, penggalangan dana ini mereka lakukan di dua titik di Yogyakarta, setiap pukul 14.00 WIB hingga 17.00 WIB. Vaksinasi Covid-19 di Kota Solo kini menyasar pusat perbelanjaan modern Slot Online Terpercaya demi mengebut pemulihan ekonomi lokal yang terdampak pandemi. Himpunan Bank Milik Negara memastikan penerima bantuan sosial tidak akan dikenakan biaya cek saldo dan tarik tunai di ATM Link. ini juga memiliki tugas untuk mendistribusikan makanan untuk rekan sesama ojol yang lokasinya jauh dari pusat pembagian makanan.

Membuka donasi untuk ojol

Hal ini membuat seorang pria bernama Agus Sari tergerak membuka donasi yang khusus ditujukan untuk para driver ojol. Terhitung sejak tanggal 18 Maret 2020, Agus yang juga CEO Landscape Indonesia membuka donasi lewat kitabisa.com untuk menggalang dana. Selain itu, KG Media juga membuka donasi untuk masyarakat yang kesulitan mencari nafkah akibat dampak dari wabah virus corona, masih melalui KitaBisa.com melalui tautan ini. Sebagai inisiator MPR RI Lawan COVID-19, Ketua MPR RI akan mendonasikan gajinya selama tiga bulan ke laman galang dana Kitabisa.